Rabu, 03 April 2013

Tanya Jawab Mudzakarah Ulama


Sehubungan dengan Silaturahim ke-1 DP3MU yang telah diadakan di Yayasan AKUIS Pusat, apakah yang menjadi tujuan Dewan Perancang Panitia Persiapan Mudzakarah Ulama menggelar Mudzakarah Ulama 2016 yang akan datang ?

Jawab :
Yang Menjadi tujuan adalah berkumpul para Ulama dalam kategori Ulu Baqiyah Qs.11:116 dengan tanpa membedakan firqoh dalam Islam Qs.6:159 untuk bermudzakarah sehingga mencapai keabsahan keberadaan Ahlul Halli Wal Aqdi Qs.2:208 kemudian menetapkan “Sesepuh Sementara” sebagaimana Ibrahim a.s. ditetapkan sebagai Imam atas umat manusia Qs.2:124. Inilah yang disebut Imamul A’dhom yang bertindak sebagai sesepuh tanpa hak prerogratif karena derajatnya sama dengan seluruh Ahlul Halli Wal Aqdi, mereka semua adalah ulama ahli yang ditetapkan Allah sebagai “Utusan Kehormatan” Qs.19:85.


Bagaimana hubungan Mudzakarah Ulama dengan “Khilafah” ?

Jawab :
Khilafatul Muslimin adalah bukan menjadi target dalam pola gerakan tajdid, karena masalah tersebut berdasarkan antara lain QS.2:30; Qs.6:165; Qs.27:62; Qs.10:14; Qs.24:55 perkataan “Khalifah” adalah ketentuan Allah SWT, dan berdasarkan Qs.43:61 perihal perutusan Isa a.s. adalah merupakan pembatas bagi berakhirnya penurunan Nabi dan pembesar bani israil, kemudian menjadi bukti atas penurunan al Qur-an dan Rasul terakhir sebagaimana telah diberitakan dalam alkitab terdahulu dan dipahami oleh mereka. Maka dengan mengambil beberapa dalil tersebut berarti Khilafah adalah target harapan dan bukan tujuan, artinya bahwa disamping hal tersebut merupakan ketetapan dan kepastian Allah, maka memerlukan upaya dan pelaksanaan serta proses yang benar berdasarkan panduan al Qur-an dan al Hadits Shahih Qs.61:4, serta tiada dibenarkan tindak dan gerakan yang bersifat prematur Qs.49:1; Maka berarti bahwa Islam itu bukan membangun kekuasaan manusia atas manusia.-