Sabtu, 20 April 2013

Rapat Pleno Pengurus Pusat


“ Berdasarkan firman Allah di dalam Surat Al Mulk ayat 2 menyatakan bahwa pentingnya memacu diri sebagai seorang Muslim. Seiring waktu dipacu pula untuk berprestasi di hadapan Allah SWT, terutama dalam mengemban amanah Islam secara berjama’ah dalam wadah, serta melalui proses mawas diri (Qs. 59:18). Selanjutnya memenuhi kaidah shoffan (Qs. 61:4), dan bermusyawarah di dalam jama’ah (Qs. 4:59) 
guna membangun Tandhim (Qs. 3:104) dengan petunjuk Allah (Qs. 2:248-249) menuju janji Allah SWT: 
tegaknya Daulah Islam mendunia (Qs. 9:33).” 

Begitulah ringkasan kultum yang disampaikan Ustadz Noviandi dalam acara pembukaan Musyawarah Pleno Yayasan Akuis Pusat pada hari Sabtu 30 Maret 2013 bertempat di gedung Auditorium YAP Km. 14 Sukajadi.
Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB beragendakan penyampaian laporan-laporan dari pengurus dan ketua bidang-bidang YAP serta penetapan program 2013/2014. Ust. Rizal Yandi selaku moderator acara membuka jalannya musyawarah, dilanjutkan tausiyah dari Ustadz Noviandi, dan kata sambutan dari ketua umum YAP Ustadz Wahadi. Musyawarah dilanjutkan dengan laporan keuangan oleh Ustadz Sutarja dan laporan dari ketua bidang-bidang yang menyampaikan tugas dan program yang telah terealisasi dan program yang menjadi rencana ke depan.
Ada beberapa program yang telah terealisasi diantaranya pembangunan Mess Ulama, Perpustakaan (Al Maktabah), pengadaan Security Yayasan Pusat, Situs akuis.blogpot.com dan akuis.net serta penerbitan Buletin eL-Muqoffa. Adapun rencana program tahun ini yaitu melanjutkan pembangunan Mess Putri lantai kedua dan ketiga, dan penerbitan kitab Tafsir Al Fatihah jilid I (ayat 1-4).
Tepat waktu dzuhur musyawarah diskors dengan sesi “ishoma” selama satu jam. Musyawarah dilanjutkan  dengan pembahasan yang dipimpin oleh Ustadz Arbani. Setelah itu pengarahan dari Pembina Yayasan Akuis Ustadz  Muhammad Bardan Kindarto yang berisi, antara lain :

  • Hakikat pembangunan di Akuis bukan membangun hanya Akuis tapi membangun  dunia masa mendatang.
  • Program yayasan dakwah dan pendidikan adalah program seluruh jamaah, bukan hanya milik dan tanggung jawab pengurus.
  • Sekretaris harus menampilkan inventaris yayasan agar dapat diketahui pengurus dan jama’ah. Hal ini dapat memicu gairah/semangat dalam berjuang dan berkorban.
  • Berdasarkan Al Qur-an surat Al Hujurot ayat 17, jangan pernah merasa berjasa.
  • Berdasarkan Al Qur-an surat Muhammad ayat 31, jihad, shabar, dan khabar sebagai ujian kadar “keimanan” kepada Allah SWT, untuk menggapai berita Rasul, dalam hadits shahih, “Ada tujuh puluh ribu manusia yang bergandeng tangan masuk jannah tanpa hisab.”
  • Menjaga keutuhan dalam berjama’ah, menjadi sangat penting, karena sekian lama perjalanan kepengurusan telah dijaga Allah dari Munafiq, Fasiq, dan orang yang kotor hati dan merasa suci.

Musyawarah Pleno Yayasan Akuis Pusat berakhir pada pukul 15.30 yang ditutup oleh moderator acara Ustadz  Rizal Yandi. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan dan kemudahan dalam mengemban amanah program ke depan.-

ki-ka : Ustadz Rizal Yandi (Sekum), Ustadz Muhd. Bardan Kindarto (Pembina),
Ustadz Wahadi (Ketum), Ustazd Arbani (Ketua I), Ustadz Sutarja (Bendum).